Malam yang Indah di Schouwburg

Apa rasanya nonton band rock sambil duduk? Jelas geregetan. Jangankan nyanyi, angkat tangan aja malu.

Meski begitu, saya sangat senang bisa hadir dalam event bersejarah untuk musik Indonesia. Konon, Kelompok Penerbang Roket menjadi band rock pertama yang diperbolehkan manggung di Gedung Kesenian Jakarta. Setelah sebelumnya Naif pada tahun 2008 pernah mencicipi atmosfer gedung peninggalan kompeni ini.

Dalam konser ini, jelas Coki, Ray dan Viki membawakan setlist yang berbeda. Jimi Hendrikoes dan Let Us Dance Together yang nyaris nggak pernah dimainkan, muncul di penampilan awal sesi kedua. Bahkan mereka membawakan satu lagu OM PMR yang berjudul Malam Jumat Kliwon.

Kolaborasi apik mereka dengan beberapa musisi cukup membuat suasana semakin hangat. Harry Anggoman, yang merupakan keyboardist band rock Gong 2000, mampu menghajar set keyboard vintagenya dengan sempurna di lagu Cekipe, HAAI, Di Mana Merdeka dan Tanda Tanya. Absar Lebeh, gitaris Mooner dan additional The Sigit, cukup santai membawakan 2 lagu lawas Duo Kribo, yang salah satunya Pencarter Roket. Sayangnya, Kalula yang diberi kesempatan membawakan HAAI tampak kurang maksimal.

Beruntung, Once dengan berengseknya sukses menghajar lagu Berita Angkasa dengan range vokal yang sangat amat kurang ajar.

Pada lagu terakhir, saya benar-benar nggak tahan buat ikutan teriak. Mati Muda yang biasa diplot sebagai lagu penutup berhasil membakar semangat penonton di GKJ yang sejak awal pertunjukan terlihat terlalu santun.

Jakarta, 18 Desember 2017

Saya menulis catatan ini di commuter line, saat dalam perjalanan pulang ke Bekasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s