Khotbah Jum’at

Salah satu alasan mengapa saya tidak terlalu tertarik untuk mendengarkan khotbah solat Jum’at adalah materi khotbah yang akhir-akhir ini sangat menggelikan.

Beberapa hari yang lalu di mesjid dekat rumah ada seorang ustad berkoar-koar bahwa umat islam jangan sampai kalah dengan umat kristen. Sekitar 100 meter dari mesjid ada tanah kosong yang konon akan dibuat gereja. “Sudah dari awal saya mewanti-wanti warga agar jangan mau kalah dengan orang kristen. Jangan sampai ada gereja, itu bahaya!” kata si ustad dengan pengeras suara. “Jangan sampai pokoknya! Itu bahaya! Sudah terbukti itu!”

Sudah terbukti? Apa buktinya? Sejak baru masuk SMA hingga sekarang, saya bersahabat dengan orang-orang non-muslim. 7 tahun lamanya kami bersahabat, tapi tak ada satupun hal bahaya yang terjadi seperti yang ustad tersebut katakan. Bahkan mereka tak segan menyediakan tempat, sajadah dan sarung untuk saya solat.

Lagi pula apa bahayanya jika sekeliling kita ada orang non-muslim? Salah apa mereka? Kalau hanya karena mereka minoritas, bodoh sekali rasanya.

Mungkin khotbah semacam itu akan terdengar biasa bagi mereka yang “masih polos” dan juga berideologi sama dengan si ustad. Tapi bagi saya ini masalah besar. Khotbah Jum’at, menurut saya, pada dasarnya adalah waktu di mana semua umat muslim (khususnya laki-laki) mendapatkan siraman ilmu dan kedamaian. Bukan doktrin kebencian yang tak mendasar.

Anda mungkin berbeda pendapat dengan saya. Tapi bagi saya, berteriak atas nama agama dengan isi pesan diskriminatif adalah sebuah ketololan.

Karena baik buruknya seseorang tidak bisa ditentukan dari suku mana dia berasal, dari ras apa dia lahir, dan dari kepercayaan apa yang dia anut.

Semoga di antara kita semua masih ada pemuka agama yang berpemikiran cerdas tanpa harus menyisipkan pesan diskriminatif saat berkhotbah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s