Kritik

Sumber: Google
Saya tidak setuju dengan anggapan: “Boleh mengkritik, tapi harus cari solusinya juga.”
Sering sekali saya ditegur beberapa orang karena asal ngomong, seperti: “SBY nggak tegas. Harusnya dia menepati janji soal laporan hasil investigasi pembunuhan Munir.” Lalu saya ditegur: “Coba lo di posisi SBY, berani nggak tuntasin kasus Munir? Jadi presiden itu susah.”
Menurut saya, semua orang bebas mengkritik. Entah itu sambil memberi solusi ataupun tidak sama sekali. Soal bisa atau tidaknya saya menuntaskan kasus Munir jika berada di posisi SBY bukanlah urusan saya. Kalau sudah tahu jadi presiden itu susah, siapa suruh jadi presiden? Bukankah sudah tugas rakyat untuk menagih janji pemimpin?
Mungkin pendapat saya terdengar aneh, tapi saya punya analogi sederhana untuk kasus ini:
Anda punya usaha rumah makan padang. Lalu ada pelanggan yang mengkritik rendang buatan Anda yang rasanya tidak enak. Apa mungkin Anda membalas kritik tersebut dengan berkata: “Memangnya kamu bisa masak rendang? Masak rendang itu susah!”. Saya yakin pelanggan itu akan gumoh setelah mendengar keluhan itu. 
Kritik itu bagian dari hidup. Rasanya memang tidak enak. Setiap kali dikritik– atau bahkan dinyinyirin, disepelekan, dan dihina sekalipun– segala macam omongan jorok bisa keluar dari mulut saya. Tapi saya selalu menjadikannya motivasi untuk lebih keras lagi dalam belajar agar tidak disepelekan orang. Semakin saya banyak belajar, semakin mahir saya melakukan sesuatu. Semakin saya mahir melakukan sesuatu, semakin terlihat perbedaan antara saya dengan mereka; mana yang bisa melakukan sesuatu dan mana yang hanya bisa ngomong doang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s