Cuma Soal Dora The Explorer

Terkadang gue suka bingung sama konsep film Dora The Explorer. Gue anggep Dora The Explorer itu nggak layak buat ditonton anak-anak di bawah umur.

Sekarang coba pikir baik-baik. Dora itu anaknya siapa? Kok bisa-bisanya mainan sama monyet? Keliaran setiap hari, terus nggak pernah sekolah. Itu kan nggak mendidik banget.

Bisa-bisanya anak kecil mainan sendirian ke hutan, nyeberang sungai, naik-turun bukit, dan nggak ada pengawasan orang tua sama sekali. Ini orang tuanya nggak sadar tanggung jawabnya, yak? Jangan-jangan Dora adalah anak hasil hubungan gelap. Lalu dibuang ke sungai, sawah, atau ke pinggir jalan menggunakan kardus mie instan bekas. Ah, sudahlah. Mereka ini yang dosa.

Di setiap episode, Dora selalu ngomong “Kepada siapa kita bertanya kalau kita tidak tahu arah?”. Dan jawabannya adalah? Peta! Iya, emang bener. Tapi kenapa tiap episode dia terus-terusan nanya? Emang selama shooting dia ngapain aja? Dari sekian episode masa nggak tahu jawabannya apa? Ini kan aneh.

Setelah gue pikir-pikir, Dora begitu karena emang dia nggak sekolah. Kalau dia sekolah, Dora nggak akan seblo’on itu.

Seharusnya pemerintah Spanyol lebih memperhatikan nasib anak yang suka banget keliaran– seperti Dora. Kasihan si Dora. Nggak diurus sama orang tuanya. Semoga orang tuanya bisa ditangkap, karena ini sudah melanggar hak asasi manusia– mendapatkan kasih sayang orang tua.

Beruntung binatang-binatangnya pada baik, coba kalau Dora dari awal temenannya sama Swiper, pasti jadi jahat. Pake ikat kepala item macem Zoro. Mungkin bukan tas ransel yang dibawa, tapi pedang yang kayak Zoro. Dan jago mencuri. Bisa jadi begitu.

Eh, tapi Swiper sama blo’onnya sama Dora. Nyolong tinggal nyolong, tapi malah sok-sok-an digagal-gagalin.

Oh, iya. Dora juga ngajarin anak kecil buat kebanyakan bergantung sama orang lain. Apa dikit nanya, apa dikit nanya. Nggak ada usahanya sama sekali. Nggak mendidik lah pokoknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s